Dengan Rp 1 Juta, Milenial Bisa Investasi di Surat Utang Syariah ST003

Rizky Alika
1 Februari 2019, 15:23
Rupiah
Donang Wahyu|KATADATA

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka masa penawaran untuk surat utang negara syariah atau sukuk tabungan seri 003 (ST003). Tingkat imbalan atau kupon yang ditawarkan yakni minimal 8,15%. Investor dapat melakukan investasi dengan minimum pemesanan Rp 1 juta.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman berharap instrumen ini dapat memacu generasi milenial untuk berinvestasi. "Kami ingin memasyarakatkan generasi yang sadar investasi. Kami juga mau memperluas basis domestik, terutama milenial," kata dia dalam peluncuran ST003 di Restoran Bunga Rampai, Jakarta, Jumat (1/2).

Masa penawaran bakal berlangsung pada 1-20 Februari 2019. Secara rinci, kupon akan dihitung menggunakan bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7 days Reverse Repo Rate ditambah spread tetap sebesar 2,15%. Perhitungan kupon sama dengan SBN konvensional jenis Saving Bonds Retail seri 005 (SBR005) yang dijual pemerintah pada Januari lalu.

(Baca: Pemerintah Berencana Menjual 10 Surat Utang Retail Sepanjang 2019)

Adapun perhitungan kupon akan dilakukan setiap tiga bulan. Ini artinya, dengan bunga acuan BI sebesar 6% saat ini, maka kupon berlaku 8,15% untuk tiga bulan pertama sekaligus sebagai tingkat kupon minimal. Kupon tersebut akan diperoleh setiap tanggal 10 dengan potongan pajak kupon 15%.

Sifat perjualbelian (tradibility) ST-003 ialah tanpa warkat dan tidak dapat diperdagangkan. ST-003 tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada periode early redemption. Periode pengajuan early redemption adalah pada 27 Januari-4 Februari 2020. Artinya, selain tanggal tersebut, investor tidak bisa mengajukan pencairan dana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...