Piala Presiden E-Sports 2019 Terbatas untuk Gim Mobile Legends

Michael Reily
28 Januari 2019, 14:41
Paviliun Indonesia di Annual Meeting IMF-WB 2018
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Kementerian BUMN menyuguhkan informasi tentang perkembangan tersebut melalui sajian yang dikemas dalam bentuk digital dan atraktif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Piala Presiden E-Sports 2019 khusus untuk gim Mobile Legends pada 30 - 31 Maret 2019. Pendaftaran peserta umum untuk mengikuti kompetisi ini segera dibuka.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap olahraga elektronik (e-sports) setelah Asian Games. "Presiden melihat adanya potensi besar industri," katanya, di Jakarta, Senin (28/1).

(Baca juga: Tiga Sektor Ekonomi Kreatif Ini Akan Tumbuh Terpesat Sepanjang 2019

Pada 2017, kinerja industri gim nasional menempati peringkat ke-16 dunia dengan total pendapatan senilai US$ 79,7 juta. Oleh karena itu, pemerintah mendukung pengembangan ekosistem e-sports guna meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian.

Moeldoko mengungkapkan, olahraga berbasis permainan digital tersebut memiliki nilai moral yang baik, seperti sportivitas, disiplin, kerja sama, dan kolaborasi. "Sekarang sudah ada perubahan paradigma bagi masyarakat dengan kemajuan teknologi," ujarnya.

(Baca juga: Biaya Pengembangan Gim Horor Dreadout 2 Lebih Rp 2,8 Miliar

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...