Piala Presiden E-Sports 2019 Terbatas untuk Gim Mobile Legends

Penulis: Michael Reily

Editor: Dini Hariyanti

28/1/2019, 14.41 WIB

Pertandingan e-sports skala nasionsal ini berlangsung pada 30 - 31 Maret 2019.

Paviliun Indonesia di Annual Meeting IMF-WB 2018
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Kementerian BUMN menyuguhkan informasi tentang perkembangan tersebut melalui sajian yang dikemas dalam bentuk digital dan atraktif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Piala Presiden E-Sports 2019 khusus untuk gim Mobile Legends pada 30 - 31 Maret 2019. Pendaftaran peserta umum untuk mengikuti kompetisi ini segera dibuka.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap olahraga elektronik (e-sports) setelah Asian Games. "Presiden melihat adanya potensi besar industri," katanya, di Jakarta, Senin (28/1).

(Baca juga: Tiga Sektor Ekonomi Kreatif Ini Akan Tumbuh Terpesat Sepanjang 2019

Pada 2017, kinerja industri gim nasional menempati peringkat ke-16 dunia dengan total pendapatan senilai US$ 79,7 juta. Oleh karena itu, pemerintah mendukung pengembangan ekosistem e-sports guna meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian.

Moeldoko mengungkapkan, olahraga berbasis permainan digital tersebut memiliki nilai moral yang baik, seperti sportivitas, disiplin, kerja sama, dan kolaborasi. "Sekarang sudah ada perubahan paradigma bagi masyarakat dengan kemajuan teknologi," ujarnya.

(Baca juga: Biaya Pengembangan Gim Horor Dreadout 2 Lebih Rp 2,8 Miliar

Presiden Indonesia E-Sports Premier League (IESPL) Giring Ganesha menjelaskan, potensi pemain gim di dalam negeri mencapai 50 juta orang. Sekitar 60 persen dari jumlah ini gemar menonton kompetisi permainan maupun sesuatu yang terkait dengan konten.

Menurutnya, e-sports bisa menjadi profesi yang menguntungkan secara finansial. Contohnya, sejumlah atlet olahraga elektronik mendapatkan perhatian publik lantas menerima tawaran bisnis berskema sponsorship dan endorsement.

Piala Presiden tahun ini terbatas untuk permainan Mobile Legends tetapi akan terus berkembang menuju skala yang lebih besar. "Ke depan, kami tidak menutup kemungkinan untuk lebih dari satu gim," kata Giring.

(Baca juga: Distributor Gim Lokal Pegang Lisensi Ragnarok untuk Asia Tenggara)

Peserta umum yang ingin turut serta dalam Piala Presiden E-Sports 2019 bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi www.iespl.id. Pendaftar harus memiliki satu manajer, satu orang pemain cadangan, dan lima pemain inti.

Tahap kualifikasi selanjutnya berlangsung di delapan daerah, yaitu Palembang, Denpasar, Surabaya, Makassar, Semarang, Manado, Bekasi, dan Pontianak. (Baca juga: Gim Ponsel Terus Kuasai 90% Pasar Lokal

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha