BPS Sebut Harbolnas Turut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 2018

Cindy Mutia Annur
6 Februari 2019, 19:00
Lazada
Lazada
Peluncuran Lazada 12.12 Grand Year End Sale di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (4/12).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut penjualan barang-barang melalui Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal IV-2018. Tercatat, pertumbuhan saat itu mencapai 5,17 %, lebih tinggi dari kuartal IV 2017 yang hanya sebesar 5,07 %.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan, struktur pertumbuhan ekonomi di bidang perdagangan merupakan sektor tertinggi nomor dua setelah sektor industri. Totalnya mencapai 13 % dan pertumbuhannya sebesar 4,39 %.

Advertisement

"Penjualan selama Harbolnas juga membantu, semuanya pada berlomba-lomba belanja karena banyak diskon," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers Pertumbuhan Ekonomi di kantor pusat BPS, Rabu (6/2).

Ketua Asosiasi E-Commerce (iDEA) Ignatius Untung pun mengakui besarnya nilai transaksi Harbolnas. "Jumlah transaksi yang dihasilkan Harbolnas memang tidak kecil," ujarnya. 

(Baca: Laju Ekonomi Sesuai Prediksi Pemerintah, Rupiah Sempat 13.800/US$)

Sebelumnya, Lembaga riset pasar Nielsen Indonesia menyebut transaksi Harbolnas 2018 mencapai Rp 6,8 triliun dari target Rp 7 triliun. Tahun lalu, Harbolnas digelar dua hari pada 11-12 Desember 2018. Ketua Harbolnas 2018, Indra Yonathan mengatakan, produk lokal dinilai cukup berkontribusi sebanyak 46% dari keseluruhan nilai transaksi.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement