Layanan Pesan Antar Go-Food dan GrabFood Ubah Perilaku Konsumen

Rizky Alika
7 Februari 2019, 09:51
Go-Food Festival
Go-Jek
Go-Food Festival di Cirebon, Rabu (11/4).

Perubahan perilaku belanja masyarakat dari konvensional ke elektronik telah masuk ke elemen paling mendasar: pangan. Masyarakat kini lebih suka berbelanja makanan jadi ketimbang memasak sendiri.

"Terlihat sekarang ibu-ibu agak malas memasak. Jadi lebih sering belanja makanan jadi," kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sri Soelistyowati di kantornya, Jakarta, Rabu (6/2).

Fenomena itu terekam dalam data pertumbuhan konsumsi rumah tangga 2018. Badan Pusat Statistik mencatat, terjadi perlambatan pertumbuhan komponen makanan dan minuman selain restoran. Angkanya turun dari 5,36% pada 2017 menjadi 4,81% secara tahunan pada 2018.

Sebaliknya, komponen transportasi-komunikasi tumbuh dari 5,04% jadi 6,14% dan restoran-hotel tumbuh dari 5,31% jadi 5,85%.

(Baca: BPS Sebut Harbolnas Turut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 2018)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...