Layanan Pesan Antar Go-Food dan GrabFood Ubah Perilaku Konsumen
Perubahan perilaku belanja masyarakat dari konvensional ke elektronik telah masuk ke elemen paling mendasar: pangan. Masyarakat kini lebih suka berbelanja makanan jadi ketimbang memasak sendiri.
"Terlihat sekarang ibu-ibu agak malas memasak. Jadi lebih sering belanja makanan jadi," kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sri Soelistyowati di kantornya, Jakarta, Rabu (6/2).
Fenomena itu terekam dalam data pertumbuhan konsumsi rumah tangga 2018. Badan Pusat Statistik mencatat, terjadi perlambatan pertumbuhan komponen makanan dan minuman selain restoran. Angkanya turun dari 5,36% pada 2017 menjadi 4,81% secara tahunan pada 2018.
Sebaliknya, komponen transportasi-komunikasi tumbuh dari 5,04% jadi 6,14% dan restoran-hotel tumbuh dari 5,31% jadi 5,85%.
(Baca: BPS Sebut Harbolnas Turut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 2018)