Mendag Selipkan Produk Mayora dalam Imbal Dagang Sukhoi Rusia

Michael Reily
7 Februari 2019, 11:52
Pesawat Sukhoi
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Petugas memandu pesawat tempur Sukhoi-30 MK2 yang hendak parkir usai berpatroli di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste dan perbatasan Indonesia-Australia di Kupang, NTT, Kamis, (2/3).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berencana menyelipkan produk Mayora ke dalam daftar produk imbal dagang dengan Sukhoi  SU-35  milik Rusia. Adapun proses pendataan imbal dagang antara Sukhoi  dan komoditas asal Indonesia hinga saat ini masih berjalan.

Enggar menjelaskan perkembangan imbal dagang masih menunggu tindak lajut kerja tim yang melakukan proses pendataan. “Kami siap. Sekarang memang masih pembahasan grup kerja, tapi saya akan selipkan produk dari Mayora,” kata dia di Jakarta, Rabu (6/2).

Dengan skema imbal dagang,  pemerintah nantinya hanya membayar setengah dari total harga pembelian pesawat sebesar US$ 1,14 miliar. Sisanya, Rusia akan memperoleh komoditas Indonesia seharga US$ 570 juta. 

(Baca: Mayora Bidik Penjualan Ekspor Makanan Minuman Rp 557 Miliar ke Rusia)

Dalam perjanjian tersbut, Rusia juga diharuskan berinvestasi untuk membuka bengkel Sukhoi dalam bentuk maintenance and repair operation (MRO) di Indonesia. Nilai minimum investasi mencapai 35% dari US$ 570 juta atau sekitar US$ 199 juta.

Oleh karena itu, Enggar meminta agar perusahaan Rusia Rostnec dan BUMN PT Perusahaan Perdagangan Internasional (PPI) turut mempertimbangkan masuknya produk Mayora. Agar tidak hanya komoditas primer saja yang diekspor, tetapi juga produk hasil olahan bernilai tambah.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan penetrasi ke Rusia, Enggar juga menginginkan Mayora untuk melakukan investasi lebih besar di Negeri Beruang Merah. “Kami minta Mayora supaya bangun pabrik di Rusia,” ujar Enggar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...