10 Saham Tercuan Pekan Enam, Saham Smartfren Naik Hingga 56%

Happy Fajrian
11 Februari 2019, 05:14
Smartfren
Arief Kamaludin | Katadata
Smartfren KATADATA|Arief Kamaludin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 0,26% pada perdagangan saham pekan keenam di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan koreksi tersebut, tren kinerja positif IHSG sejak awal tahun ini harus berakhir. Kendati demikian, sejumlah saham berhasil melawan arus koreksi indeks dan meraih keuntungan tinggi.

Investor yang memegang saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) sepantasnya berbunga-bunga. Saham FREN yang mereka miliki harganya naik hingga 55,88% selama empat hari perdagangan kemarin, yaitu dari Rp 136 per saham menjadi Rp 212 per saham. Saham FREN menjadi saham terbaik pada pekan keenam dengan persentase kenaikan tertinggi.

Advertisement

Otoritas bursa pun sempat meminta penjelasan dari Smartfren terkait kenaikan harga sahamnya tersebut, namun mereka menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya aktivitas yang di luar kebiasaan serta tidak melakukan aksi korporasi apapun yang menyebabkan kenaikan harga sahamnya tersebut. Dengan kata lain, kenaikan harga saham FREN murni karena mekanisme pasar.

(Baca: Laju Positif Terhenti, IHSG Terkoreksi 0,26% Sepanjang Pekan Keenam)

Memang, beberapa waktu lalu, pelanggan Smartfren mengalami peningkatan setelah pemerintah mencabut izin usaha Bolt, yang membuat pelanggan Bolt beralih menggunakan layanan internet milik Smartfren.

Sama halnya dengan saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) yang harganya naik hingga 50,51% dari Rp 99 per saham menjadi Rp 149, serta PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) yang naik 47,69% dari Rp 260 menjadi Rp 384 per saham.

Kenaikan harga kedua saham tersebut tidak dipengaruhi oleh keputusan investasi para pemegang sahamnya atau aksi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan. Artinya, pergerakan harga kedua saham tersebut murni mekanisme pasar.

Bahkan harga saham WIIM telah melesat naik secara signifikan sejak awal tahun ini, hingga otoritas bursa melabeli saham WIIM sebagai saham UMA atau unusual market activities karena sepanjang tahun ini harga saham WIIM telah melesat naik hingga 159,57%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement