Hanya 2 Smelter yang Rampung Terbangun Sepanjang 2018

Image title
12 Februari 2019, 10:49
Pabrik baja
Agung Samosir | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hanya ada dua fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) mineral yang rampung pengerjaannya tahun lalu. Progres ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai lima unit smelter.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, kedua smelter yang selesai dibangun tahun lalu adalah smelter nikel milik PT Virtue Dragon (tahap II) dan PT Bintang Smelter Indonesia (1 line). Smelter Virtue Dragon merupakan pembangunan kelanjutan pembangunan tahap I yang telah selesai pada 2017.

Selain Virtue Dragon, ada empat smelter lainnya yang rampung pada 2017. Kelimanya adalah smelter nikel yang dibangun PT COR Industry Indonesia dan PT Surua Saga Utama, serta smelter besi yang dibangun PT Sebuku Iron Lateritic Ores dan PT Sumber Baja Prima.

(Baca Telaah: Babak Baru Kepastian Pembangunan Smelter Freeport)

Dengan tambahan lima unit di 2017 dan dua unit di 2018, maka total smelter yang telah beroperasi hingga akhir tahun lalu mencapai 27 unit. Mayoritas smelter yang telah beroperasi adalah pengolahan dan pemurnian nikel sebanyak 17 unit, disusul oleh 4 smelter besi, serta smelter tembaga, dan bauksit masing-masing 2 unit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...