Cara Meningkatkan Investasi Asing di Mata Pengusaha

Rizky Alika
15 Februari 2019, 06:35
Properti 1
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Dalam berusaha, sejumlah aturan kadang membuat jalannya bisnis tersendat. Karena itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tax Center Ajib Hamdani meminta pemerintah untuk membenahi regulasi guna meningkatkan investasi asing langsung alias foreign direct investment (FDI).

Dalam kacamatanya, regulasi saat ini masih rumit di kalangan pengusaha, padahal bisa dibuat lebih sederhana sehingga investor asing berminat berinvestasi. “Aturan-aturan kita terlalu complicated,” kata Ajib di Jakarta, Kamis (14/2).

(Baca: Pemerintah Bantah Regulasi Penyebab Proyek EBT Sulit Dapat Pendanaan)

Dia juga menilai perlunya debirokratisasi pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Karena birokrasi yang panjang, pengurusan perizinan di pusat sering susah beresnya. Sementara di daerah, kerap terganjal dalam pembebasan lahan.

Reformasi struktural seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta perbaikan data mesti dilakukan. Sejauh ini, kata Ajib, pemerintah memang memiliki konsep seperti usulannya tersebut. Namun, implementasinya dinilai masih sulit dilakukan.

Terkait dengan belum sempurnanya Online Single Submission (OSS) yang sempat menjadi sorotan, dia menyarankan agar sistem itu diintegrasikan antarkementerian dan lembaga. Misalnya, integrasi OSS dan pajak dapat dilakukan dengan kemudahan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...