RI Akan Usulkan Poin Ini pada Pertemuan Menteri Negara Produsen Karet

Michael Reily
15 Februari 2019, 17:23
Telaah - Karet
Chaovarut Sthoop/123rf
Sejumlah negara akan menggelar pertemuan tingkat menteri untuk membahas lebih lanjut mengenai penurunan harga karet dunia.

Tiga negara produsen karet, yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand akan merapatkan barisan guna menyikapi penurunan harga karet internasional. Indonesia sendiri telah memiliki sejumlah usulan untuk dibahas lebih lanjut dalam agenda pertemuan Dewan Menteri International Tripartite Rubber Council (ITRC) pada 21 dan 22 Februari mendatang di Bangkok, Thailand. 

Dalam pertemuan  tersebut, Indonesia akan diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekoomian Darmin Nasution. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo menyatakan ketiga negara perlu memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki harga karet. "Kami akan bahas beberapa usulan dalam pertemuan tingkat menteri nanti," kata Iman di Jakarta, Jumat (15/2).

(Baca: Berharap Proyek Infrastruktur Jadi Juru Penyelamat Petani Karet)

Dia menjelaskan, salah satu usulan yang akan dibahas dalam agenda tersebut adalah mengenai rencana pembatasan ekspor karet untuk kembali menaikkan harga. Thailand sempat menunjukkan keengganan dalam melakukan pembatasan ekspor karet melalui Skema Perjanjian Tonnase Ekspor (AETS).

Namun, Indonesia dan Malaysia rencananya akan kembali  melakukan pendekatan dengan Thailand dan melanjutkan pembahasan tersebut dalam pertemuan ITRC.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...