Bantah Serang Prabowo, Jokowi: Kalau Personal Menyangkut Rumah Tangga

Ameidyo Daud Nasution
18 Februari 2019, 07:51
Debat Capres II
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) memulai debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) membantah dia menyerang dengan hal-hal personal ke lawan tandingnya, Prabowo Subianto dalam Debat Capres putaran kedua. Menurut Jokowi, diungkapnya lahan yang dikuasai Prabowo tidak ada sangkut pautnya dengan pribadi, namun hal itu dalam tataran kebijakan pemerintah.

Hal itu dikatakan Jokowi kepada awak media usai menghadiri debat capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Jokowi juga mencontohkan serangan personal terjadi apabila ditujukan kepada rumah tangga seseorang. Oleh sebab itu dirinya membantah adanya sentilan kepada pribadi seseorang.

Advertisement

"Kalau personal itu menyangkut rumah tangga, istri, tidak ada. Itu kebijakan kok," kata Jokowi.

Jokowi enggan mengungkapkan kepuasannya dalam debat tadi, namun dia merasa telah menyampaikan substansi yang perlu disampaikan. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menilai performa Prabowo dalam debat tadi sangat baik. "Beliau sangat bagus," ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi Sentil Prabowo soal Kepemilikan Lahan Ratusan Ribu Hektar)

Jokowi juga enggan menebak siapa yang unggul dalam debat tadi. Menurutnya, saatnya masyarakat yang menilai penampilannya tadi. Namun, Jokowi menjelaskan semua yang telah dikerjakannya sebagai presiden tekah disampaikan. "Yang kurang akan kami kerjakan ke depan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement