Jokowi Saksikan Pelepasan Ekspor Kontainer ke-250.000 Mayora

Michael Reily
18 Februari 2019, 12:26
Pelabuhan ekspor
Arief Kamaludin | Katadata

Mayora Group resmi melepas ekspor kontainer makanan minuman olahan ke-250.000 ke luar negeri. Pelepasan ekspor disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Presiden Direktur Mayora Andre Atmadja menyatakan ekspor merupakan salah satu bentuk peningkatan pertumbuhan ekonomi. “Kami membuktikan produk merek Indonesia juga berkelas dunia,” kata Andre dalam keterangan resmi, Tangerang, Senin (18/2).

Advertisement

(Baca: Mayora Bidik Penjualan Ekspor Makanan Minuman Rp 557 Miliar ke Rusia)

Mayora saat ini sudah mengekspor produknya ke lebih dari 100 negara, yaitu Amerika Serikat, Rusia, Timor Timur, Tiongkok, Filipina hingga  Palestina. Ekspor saat ini menyumbang sekitar 50%  terhadap penjualan perseroan sebesar Rp 35 triliun.

Dalam kegiatan produksinya, menurutnya Mayora telah menggunakan bahan baku dari 70 ribu petani kopi dan singkong lokal. Secara keseluruhan, Mayora juga mempekerjakan sebanyak 50 ribu buruh yang tersebar di Indonesia dan dunia.

(Baca: Setelah Mayora, Kapal Api Bidik Masuk ke Pasar Rusia)

Menurutnya sejumlah produk Mayora seperti Torabika, Kopiko, Beng Beng, dan Danisa telah  menjadi pemimpin pasar di negara tujuan ekspor. “Kami membuktikan Indonesia bukan sekadar tukang jahit negara lain produk merek bangsa lain,” ujar Andre.

Menurutnya, Mayora merupakan salah satu perusahaan dengan ekspor produk bermerek lokal terbesar. Sehingga, dia berkomitmen terus meningkatkan ekspor komoditas bernilai tambah tinggi.

Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement