Startup Fintech atau Travel Berpeluang jadi Unicorn Kelima Indonesia

Desy Setyowati
19 Februari 2019, 18:55
OVO
OVO
Sistem pembayaran OVO telah menjangkau 9.000 mitra UKM (24/8).

Setelah Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak, startup unicorn kelima diprediksi bakal lahir di Indonesia tahun ini. Startup financial technology (fintech) dan penyedia jasa perjalanan (online travel agent/OTA) dinilai paling berpeluang menjadi unicorn.

Sebab, nilai transaksi melalui platform fintech, khususnya bidang pembayaran sangat besar. "Syarat untuk menjadi unicorn itu nilai dan frekuensi transaksi besar, serta jangkauan konsumen luas," ujar Ketua Asosiasi E- Commerce (idEA) Ignatius Untung di Jakarta, Selasa (19/2).

Advertisement

Fintech pembayaran yang menurutnya paling mendekati valuasi US$ 1 miliar adalah PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay); PT Visionet Internasional (OVO); aplikasi besutan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), TCash; dan aplikasi uang elektronik besutan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay), DANA.

Namun, Go-Pay termasuk dalam ekosistem Gojek yang sudah menjadi unicorn. Sementara itu, Direktur OVO Johnny Widodo menyebut bahwa perusahaannya sudah menjadi unicorn. Walaupun, pernyataan itu kemudian ditepis oleh Direktur OVO lainnya, Harianto Gunawan.

(Baca: Sanggah Klaim Prabowo, JK: Investasi Unicorn Ciptakan Lapangan Kerja)

Lalu, TCash saat ini dalam proses penggabungan dengan fintech pembayaran besutan bank milik negara, untuk menjadi LinkAja. "Yang besar itu OVO dan Go-Pay. Lalu, TCash dan DANA jaraknya tidak ketinggalan," kata Ignatius.

Adapun Go-Pay sudah menggandeng 300 ribu mitra, yang 40% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). OVO menyebut sudah memiliki 500 ribu mitra, yang 230 ribu di antaranya merupakan UMKM.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement