Dukungan Pemilih Muslim Turun, PDIP Evaluasi Mesin Partai

Dimas Jarot Bayu
22 Februari 2019, 09:09
Massa PDIP
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Massa PDIP saat kampanye Pilkada 2018 di lapangan GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (21/6/2018).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengevaluasi kinerja mesin partainya setelah Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut suara partai tersebut di basis pemilih muslim turun. Namun, PDIP tetap optimistis mampu memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) dengan perolehan suara 25%.

Perolehan suara PDIP di basis pemilih muslim pada Januari 2019 sebesar 18,4%. Padahal bulan sebelumnya, PDIP masih memegang elektabilitas sebesar 24,6%. "Ini yang jadi catatan kami untuk tingkatkan pemilih muslim," kata Wakil Sekretaris Jenderal Eriko Sotarduga di Jakarta, Kamis (21/2).

Eriko berharap, penurunan suara ini dapat memecut kerja mesin partai lebih optimal. Sebab, PDIP menargetkan memenangkan Pileg dengan perolehan suara 25%.

Menurut Eriko, suara PDIP yang terlalu tinggi selama ini juga tidak terlalu bagus. Pasalnya, hal itu dapat membuat para kader terlena untuk tidak mengkampanyekan diri ketika Pileg. "Dalam Pemilu ada fluktuasi, ini yang kami harapkan. Ritme pemilu ini harus dijaga," kata Eriko.

Meski turun drastis, PDIP masih unggul di kantong suara pemilih muslim. Selain itu, PDIP juga unggul di empat kantong suara lainnya, yakni pemilih minoritas, milenial, masyarakat berpendapatan rendah, serta perempuan.

Di kalangan pemilih minoritas, elektabilitas PDIP sebesar 54,7%. Suara PDIP di pemilih milenial sebesar 20,1%. Elektabilitas PDIP di pemilih berpendapatan rendah sebesar 22,8%. Sementara, perolehan suara partai berlambang banteng moncong putih itu di pemilih perempuan sebesar 22%.

(Baca: Efek 212, PDIP dan Gerindra Bersaing Ketat di Segmen Pemilih Muslim)

Bersaing Ketat dengan Gerindra

Di kalangan pemilih terpelajar, elektabilitas PDIP masih kalah dibandingkan Gerindra. Perolehan suara PDIP di segmen pemilih tersebut hanya 15,9%. Gerindra memiliki elektabilitas sebesar 23,9%.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...