3 Emak Tersangka Kampanye Hitam, Kubu Prabowo Beri Bantuan Hukum

Muchamad Nafi
26 Februari 2019, 20:41
Ilustrasi Hoax
Katadata

Kepolisian Daerah Jawa Barat menetapkan tiga perempuan sebagai tersangka kasus video kampanye hitam dan kebohongan atau hoaks yang viral. Emak-emak ini diduga menyebarkan konten yang menyerang pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Karawang, Jawa Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan proses penyidikan dilakukan Polres Karawang dibantu oleh Direktorat Kriminal Umum dan Khusus Polda Jabar. Hal itu sebagai kelanjutan putusan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dugaan laporan awal kasus ini.

(Baca: Dituding Tak Libatkan Perempuan, Prabowo: Kami Buka Peluang Emak-Emak )

Mereka, ES, IP dan CW, sudah ditahan di Polres Karawang. Menurut Trunoyudo, kepolisian telah mengantongi alat bukti untuk membantu proses penyidikan. “Sudah ada device peran masing-masing pihak, ada dua orang memberikan suatu kata-kata dalam video tersebut dan mengunggah melalui media sosial,” kata Trunoyudo di Mapolda Jawa Barat, Selasa (26/2).

Video tersebut, Trunoyudo melanjutkan, berisi pembicaraan yang akan ditranskrip ke dalam bentuk digital forensik. Pihaknya akan meminta keterangan dan pendapat ahli terkait isi video tersebut, misalkan untuk menilai wujud keasliannya. Dari sana akan dilihat kaitannya dengan hukum pidana dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kepolisian menjerat ketiga tersangka tersebut dengan Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dan pasal lain yng disangkakan yaitu 14 ayat 1 dan ayat 2, atau pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.

Atas status tersebut, Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memberikan bantuan hukum. Anggota Direktorat Hukum dan Advokasi BPN, Habiburrokhman, mengatakan ketiga emak-emak itu bukan bagian dari struktur tim pemenangan. “Tetapi emak-emak ini pendukung Prabowo dan Sandi,” kata dia Jakarta.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...