Bantu Kerek Harga, PTPN Siap Serap 14 Ribu Ton Karet Petani

Michael Reily
26 Februari 2019, 11:30
Karet
Karet
Karet

PT Perkebunan Nusantara V siap menyerap karet milik petani rakyat sebanyak 14 ribu ton dalam tiga bulan ke depan untuk diolah di pabrik perseroan. Sepanjang masa uji coba, PTPN V sudah menyerap sebanyak 250 ton karet.

Deputi Bidang Industri Agro Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wahyu Kuncoro menyatakan PTPN memiliki kapasitas terpasang yang belum terpakai sebesar 14 ribu ton. "Estimasinya kami akan serap sebesar itu, kami petakan 3 bulan ke depan," kata Wahyu di Jakarta, Senin (25/2) malam.

(Baca: Tahan Harga, Pengusaha Usulkan Pembatasan Ekspor Karet Selama 3 Bulan)

Menurutnya, hasil uji coba penyerapan karet sebanyak 250 ton akan digunakan sebagai pasokan bahan baku. Namun, PTPN V siap menjual hasil olahan karet dalam bentuk karet remah standar Indonesia (SIR 20). Dia menambahkan penugasan serapan PTPN menjadi upaya untuk membantu peningkatan harga karet petani rakyat.

Wahyu mengungkapkan, perusahaan BUMN akan menerapkan sistem lelang dalam pembelian karet rakyat. Namun, menurutnya PTPN V siap membeli karet petani dengan harga tinggi yakni sekitar  Rp 8.700 per kilogram dalam proyek percobaan penyerapan 250 kilogram karet.

Harga tersebut berada di atas harga rata-rata petani masih sebesar Rp 7.800 per kilogram. "Kami akan beli harganya di atas harga lelang," ujar Wahyu.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...