J Resources Minta Pemerintah Tegas Tertibkan Tambang Ilegal

Image title
28 Februari 2019, 13:26
Menerjang Bahaya Demi Emas
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Aktivitas penambang emas tradisional.

Perusahaan tambang emas PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) meminta ketegasan pemerintah dalam menertibkan pertambangan ilegal. Hal tersebut terkait kecelakaan tambang ilegal yang terjadi di area tambang milik perusahaan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Direktur J Resources Asia Pasifik Edi Permadi menjelaskan bahwa selama ini konsesi tambang anak usahanya, yaitu PT J Resources Bolaang Mongondow, dijadikan sebagai wilayah aktivitas tambang tanpa izin atau ilegal.

Perusahaan telah melaporkan hal tersebut sejak 2016 hingga akhir 2018 kepada pemerintah dan aparat hukum. Sepanjang tahun tersebut juga sudah beberapa kali melakukan penertiban, namun penambang ilegal kembali melalukan aktivitas.

Dua hari lalu, kecelakaan terjadi di area tambang tersebut. Sebanyak 60 orang tertimbun karena tiang dan papan penyanggah lubang galian patah. Kondisi tanah di area tambang tak stabil dan banyak lubang.  Pada 4 Juni 2018 kecelakaan serupa juga terjadi dan menyebabkan lima orang meninggal.

Para penambang ilegal kerap memakai bahan kimia berbahaya, seperti sianida dan merkuri. Limbah yang tak diolah dengan baik secara akumulasi telah mencemarkan lingkungan.

J Resources enggan membeberkan kerugian materiil yang dialami perusahaan dari aktivitas ilegal tersebut. Edi hanya berharap pemerintah tegas dalam menuntaskan tambang tak berizin.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...