Dipicu Faktor Global, Rupiah Melemah 3 Hari dan Tembus Lagi 14.100/US$

Martha Ruth Thertina
1 Maret 2019, 21:34
Uang rupiah
Arief Kamaludin|Katadata

Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam tiga hari perdagangan hingga kembali menembus level Rp 14.100 per dolar AS. Pelemahan seiring kembali menguatnya dolar AS di tengah masih adanya kekhawatiran seputar negosiasi dagang AS-Tiongkok serta kenaikan imbal hasil (yield) US Treasury.

Mengacu pada data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup pada level 14.120 per dolar AS pada perdagangan Jumat (1/3). Ini artinya rupiah melemah 0,36% dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya atau total 0,91% dalam tiga hari perdagangan.

Rupiah melemah bersama mayoritas mata uang Asia lainnya. Pada Jumat ini, yen Jepang melemah paling besar yaitu 0,45%, diikuti baht Thailand 0,45%, rupiah 0,36%, rupee India 0,23%, ringgit Malysia 0,21%, dan yuan Tiongkok 0,17%. Peso Filipina, won Korea Selatan, dolar Singapura dan dolar Taiwan juga melemah meski kurang dari 0,1%.

(Baca: Bankir dan Ekonom Peringatkan Rupiah Melemah Jelang Musim Bagi Dividen)

Adapun mayoritas mata uang Asia sempat mendapat sokongan tenaga pada awal pekan ini setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan akan menunda kenaikan tarif impor. Keputusan ini menyusul perkembangan signifikan dari pembicaraan dagang dengan Tiongkok.

Namun, berbagai pihak menilai hal tersebut belum bisa menjadi jaminan perang dagang tak berlanjut. Alhasil, masih ada kekhawatiran di pasar. Di sisi lain, seiring rilis pertumbuhan ekonomi AS kuartal IV 2018 yang di atas ekspektasi, imbal hasil US Treasury tercatat mengalami kenaikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...