Pengembangan Industri Wisata 4.0 Tarik Turis Milenial

Pingit Aria
1 Maret 2019, 17:35
Bali
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
\Wisatawan berfoto di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali, yang berjarak enam kilometer dari kawah gunung Agung atau kawasan rawan bencana, Jumat (20/10).

Pemerintah mengembangkan pariwisata atau tourism 4.0 untuk menarik wisatawan milenial. Jumlah wisatawan milenial diprediksi mencapai 50% dari keseluruhan turis inbound ke Indonesia dengan proyeksi pertumbuhan berlipat. 

“Sebagai perbandingan, Malaysia dalam program tourism 4.0 menargetkan pertumbuhan 4 kali lipat pada 2030, sedangkan Spanyol menjadi negara yang paling berhasil dalam tourism 4.0,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui siaran pers, Jumat (1/3).

Arief mengatakan, wisatawan milenial punya ciri khas perilaku yang cenderung lebih mandiri dan individual. Ia mencontohkan, wisatawan Tiongkok yang dahulu dikenal karena kerap bepergian secara berkelompok, sekarang lebih banyak yang menjadi individual.

(Baca juga: Garap Wisata Halal di Mandalika, Investor Qatar Kucurkan Rp 7 Triliun)

Menurut pengamatannya, di antara negara yang paling sukses mengembangkan tourism 4.0 adalah Spanyol. “Spanyol telah menerapkan pariwisata 4.0 di beberapa destinasi utamanya dengan membangun ekosistem digital mulai dari inspiration, kedatangan, obyek wisata, hingga post-trip,” kata Arief Yahya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...