Garap Wisata Halal di Mandalika, Investor Qatar Kucurkan Rp 7 Triliun

Hari Widowati
28 Februari 2019, 10:27
Pantai Mandalika, NTB
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah wisatawan mancanegara berada di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10/2017).

Investor Qatar akan mengucurkan dana US$ 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun untuk pengembangan wisata halal di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pembangunan proyek tersebut akan dimulai tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, investasi tersebut merupakan investasi awal dan akan terus bertambah dalam beberapa tahun ke depan. "Itu sedang kita kejar karena mereka ternyata tidak hanya mau (investasi) di Mandalika tetapi juga di Labuan Bajo dan Danau Toba," ujar Luhut dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (27/2).

Advertisement

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi sebelumnya menyatakan, Qatar Investment Authority berminat mengembangkan kawasan wisata Mandalika. Wisata halal merupakan wisata yang memiliki potensi besar untuk mendatangkan devisa bagi Indonesia. Potensi transaksi wisata halal global diperkirakan mencapai US$ 200 miliar atau sekitar Rp 2.800 triliun.

KEK Mandalika memiliki luas 1.035 hektare dengan beberapa potensi wisata alam, antara lain Pantai Kuta, Pantai Serenting, Tanjung Aan, Pantai Gerupuk, dan Pantai Kelieuw. Kawasan wisata ini merupakan salah satu dari pengembangan '10 Bali Baru' yang disebut memiliki pertumbuhan tercepat.

(Baca: Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP, Kemenpar Targetkan 100 Ribu Turis)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement