Timah Targetkan Ekspor 60 Ribu Ton Bijih Timah Tahun Ini

Image title
1 Maret 2019, 20:06
Timah
Katadata | Arief Kamaludin

PT Timah Tbk. menargetkan ekspor komoditas bijih timah sebesar 60 ribu ton tahun ini atau sekitar lima ribu ton setiap bulannya.

Direktur Keuangan PT Timah Emil Ermindra menjelaskan berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019, sebenarnya angka yang disetujui 38 ribu metrik ton, atau meningkat 20% dibandingkan tahun lalu. Namun, pihaknya berupaya meningkatkan ekspor untuk membangun perekonomian dalam negeri.

Advertisement

"Hal ini penting buat kami sebagai BUMN yang salah satu peranannya adalah sebagai agen pembangunan," kata dia, kepada Katadata.co.id, Jumat (1/3).

Perusahaan menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini sebesar Rp 2,588 triliun. Nilai tersebut terdiri dari modal belanja perusahaan induk sebesar Rp 2,023 triliun dan anak usahanya senilai Rp 565 miliar.

Total capex tahun ini 0,1% lebih kecil dibandingkan tahun lalu yaitu sebesar Rp 2,6 triliun. Nilai tersebut terdiri dari capex untuk perusahaan induk sebesar Rp 2,3 triliun dan Rp 300 miliar untuk anak perusahaan.

Emil menjelaskan perencanaan perseroan tahun ini tetap sama dengan tahun lalu, yaitu memfokuskan investasi yang berhubungan dengan pemeliharaan dan peningkatan kapasitas produksi.

Timah menargetkan menemukan cadangan bijih timah di wilayah tambang Nigeria hingga 15 ribu ton per tahun. Target itu bisa tercapai dengan melakukan eksplorasi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement