Bantah Investasi Hulu Migas Stagnan, Arcandra Tunjuk Data 2017-2018

Image title
4 Maret 2019, 21:31
IPA 2017
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Acandra Tahar membantah anggapan bahwa investasi sektor hulu migas saat ini tidak ada peningkatan atau stagnan. Sebaliknya, dia mengatakan investasi hulu migas mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir.

Arcandra mengungkapkan hal ini dalam kelompok diskusi terarah atau focus group discussion (FGD) yang diselenggarakan Media Indonesia. Dalam forum diskusi tersebut, moderator menanyakan pendapat Arcandra mengenai anggapan banyak orang mengenai investasi hulu migas yang cenderung stagnan.

(Baca: Walau Tak Capai Target, Investasi Migas 2018 Meningkat 11,8%)

Dia mengatakan investasi hulu migas memang sempat mengalami stagnansi pada 2015 dan 2016. Namun setelah itu, investasinya mulai bangkit dan mengalami peningkatan. "Mari kita lihat 2015. Kami tawarkan eksplorasi dengan cost recovery tidak ada yang laku, 2016 tidak ada yang laku. Kemudian pada 2017 laku lima dan 2018 laku sembilan. Apakah ini yang dinamakan stagnan?,” ujarnya dalam acara tersebut di Jakarta, Senin (4/3).

Seharusnya, kata Arcandra, kondisi hulu migas sebelumnya cukup dijadikan pengalaman dan tak perlu dibahas lagi. Kini, pembahasannya adalah bagaimana melihat dan memperbaiki iklim investasi migas ke depan. (Baca: Upaya Mendongkrak Investasi Migas yang Anjlok Tiga Tahun Terakhir)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...