Amankan Pemilu, Facebook Tolak Iklan Politik dari Luar Indonesia

Cindy Mutia Annur
5 Maret 2019, 13:47
Facebook
Katadata
Facebook menyiapkan fitur khusus untuk mencegah iklan Pemilu dari luar Indonesia.

Facebook membuat kebijakan khusus membatasi campur tangan pihak asing dalam Pemilihan Umum di Indonesia. Perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut mulai hari ini melarang iklan Pemilu yang berasal dari luar Indonesia.

"Sebagai bagian dari komitmen kami untuk melindungi integritas pemilu dari pengaruh yang tidak semestinya. Menjelang pemilihan umum ini kami juga akan memperluas penegakkan kebijakan dengan tidak mengizinkan adanya iklan politik dari luar negeri di Indonesia untuk sementara waktu," ujar siaran pers dari Newsroom Facebook, Selasa (5/3).

(Baca: Rekrut 15 Ribu Orang, Facebook Tingkatkan Deteksi Konten Negatif)

Kebijakan tersebut akan efektif berlaku mulai hari ini dan akan diimplementasikan pada iklan yang berhubungan dengan pemilihan umum yang datang dari luar Indonesia. Selain itu, kebijakan ini juga akan berlaku untuk iklan politik yang berasal dari entitas di luar negeri dan berupaya untuk memengaruhi hasil pemungutan suara pada 17 April mendatang.

"Kami memiliki tim yang akan meninjau iklan politik dari luar negeri ini dan memanfaatkan teknologi automated review untuk mengidentifikasi iklan politik dari luar negeri yang tidak seharusnya ditampilkan," kata Facebook.

Selain automated review, Facebook juga telah memiliki fitur 'View Ads (Tampilkan Iklan) dan “Report Ad” (Laporankan Iklan). Fitur 'View Ads' telah diluncurkan secara global sejak tahun lalu. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengakses fitur tersebut kapanpun dan di mana pun, termasuk di Indonesia dan Asia Tenggara, sehingga pengguna dapat melihat iklan yang ditampilkan oleh sebuah halaman di Facebook, Instagram, Messenger, dan mitra jaringan Facebook.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...