Citilink Angkut 15 Juta Penumpang Sepanjang 2018, Melonjak 22%

Image title
Oleh Ekarina
5 Maret 2019, 13:53
Citilink
Arief Kamaludin | Katadata

Maskapai berbiaya hemat (Low Cost Carriers/LCC) PT Citilink Indonesia mencetak kenaikan jumlah penumpang sepanjang 2018. Menurut data perusahaan, Citilink telah menerbangkan sekitar 15 juta penumpang sepanjang tahun lalu. Angka ini naik 22% dibanding tahun sebelumnya sebesar 12,3 juta penumpang.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan peningkatan jumlah penumpamg tahun lalu sejalan dengan  rata-rata tingkat keterisian penumpang (Seat Load Factor – SLF) pada setiap penerbangan. Hingga Februari 2019, SLF perusahaan telah mencapai lebih dari 80% dengan  tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance - OTP)  psebesar 91,7%.

Advertisement

(Baca: Garuda, Sriwijaya Air dan Citilink Kompak Turunkan Harga Tiket 20% )

Julianda menyebut, capaian tersebut tergolong baik. Sebab, kuartal I biasanya merupakan periode terlemah dalam industri penerbangan . 

"Kami optimistis bisa mencapai kinerja yang baik di kuartal I yang umumnya kuartal lemah. Untuk  tahun  ini,  Citilink  Indonesia  juga optimis  dapat mencapai target 18 juta penumpang," kata Julaindra dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (4/3).

Seiring kinerja positif tahun lalu, Citilink Indonesia mencatatkan kenaikan market share menjadi sebesar 14,29% pada 2018 dibanding 2017 sebesar 12,62%. Perolehan tersebut merupakan yang tertinggi kedua di kelas LCC domestik. 

Menurut data dari Centre for Aviation (CAPA), Citilink Indonesia merupakan maskapai LCC terbesar kedua di Indonesia dengan kekuatan armada sebanyak 61 pesawat. 

(Baca: Citilink Buka Kemungkinan Mengkaji Ulang Tarif Kargo Pesawat)

Terkait ekspansinya tahun ini, Juliandra menjelaskan Citilink akan terus membuka berbagai rute baru, baik rute internasional lainnya di Asia maupun domestik khususnya di kota lapis kedua.

Perusahaan juga menyatakan akan menambah frekuensi di rute-rute yang potensial guna mengakomodir kebutuhan dan harapan pelanggan yang ingin bepergian dengan lebih nyaman, juga cepat dan efisien.

Adapun ekspansi tersebut juga akan diperkuat dengan tambahan jumlah armada. Pada 2019, Citilink menargetkan pengoperasian sebanyak 70 pesawat yang terdiri dari pesawat Airbus A320, ATR 72-600 dan beberapa pesawat berbadan lebar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement