Pembangunan Enam Ruas Tol JORR 2 Ditargetkan Rampung Akhir 2019

Image title
5 Maret 2019, 11:14
Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol ruas Serpong-Pondok Aren, di Gerbang Tol Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/12). Ruas Tol Serpong-Pondok Aren merupakan salah satu jalan tol yang akan mengalami kenaikan harga sebesar Rp500. Kenaikan tarif tol tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.972/KPTS/M2017 yang akan berlaku mulai tanggal 8 Desember 2017. Untuk ruas tol Serpong-Pondok Aren ini sendiri, merupakan kenaikan yang ke sembilan kalinya se

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Jakarta Outering Ring Road II (JORR 2) akan selesai pada akhir 2019. Jalan Tol JORR 2 ini melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 kilometer (km) yang terdiri atas enam ruas.

Keenam ruas tersebut adalah Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (26,5 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km). Dua di antaranya, yakni Kunciran-Serpong dan Serpong - Cinere ditargetkan selesai pada Juni 2019.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan bahwa tujuannya pembangunan jalan tol ini yaitu untuk meningkatkan kelancaran mobilitas komuter yang tinggal di Bogor, Depok, Tangerang, Serpong, dan Bekasi. Selain itu, juga mendukung distribusi logistik agar lebih efisien.

"Salah satunya akan mendukung pengembangan Cargo Village di kawasan Bandara Soekarno-Hatta,” kata Danang, Senin (4/3).

Danang menjelaskan bahwa ruas toal yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng, yaitu Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 km ditargetkan selesai konstruksinya pada November 2019. Adapun, pengelolaannya terbagi menjadi empat seksi, diantaranya Seksi I Kunciran-Tirtayasa dengan panjang 2 km progresnya 48,8%.

(Baca: Waskita Karya Kantongi Laba Bersih Rp 4,6 Triliun pada 2018)

Kemudian, eksi II Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,5 km dengan progres 31,9%. Lalu, seksi III Benteng Betawi-H Sastranegara sepanjang 6,6 km dengan progres 47,7%. Seksi IV H.Sastranegara-SS Benda sepanjang 2 km progresnya mencapai 75,6%.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...