Waskita Karya Teken Kontrak Proyek Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3

Image title
25 Februari 2019, 20:35
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita Karya.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. menandatangani kontrak proyek pekerjaan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Japek) Selatan paket III yaitu Ruas Taman Mekar-Sadang pada hari ini, Senin (25/2). Proyek jalan tol paket III ini memiliki panjang jalan sepanjang 27,85 kilometer (km).

"Pelaksanaan konstruksi tersebut dimulai bulan Februari 2019 dan ditargetkan selesai pada tahun 2020," ujar SVP Corporate Secretary Waskita Karya Shastia Hadiarti melalui siaran resmi, Senin (25/2).

Advertisement

Sebagai informasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) membagi jalan tol tersebut ke dalam tiga paket yang akan menghubungkan Jati Asih, Bekasi dengan Sadang sepanjang 62 km. Ketiga paket tersebut masing-masing paket I sepanjang 9,3 km, paket II sepanjang 24,85 km, dan paket III sepanjang 27,85 km, 

Tol Japek II Selatan dibangun oleh Jasa Marga Japek Selatan dan tol ini akan terintegrasi dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) serta Tol Purbaleunyi.  Kelak, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Saat ini Waskita Karya telah menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur yang di antaranya masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di antaranya adalah proyek jalan tol Trans Jawa maupun tol Trans Sumatera.

Waskita Karya memiliki konsesi atas 18 ruas tol di Jawa dan Sumatera. Dari 18 ruas tersebut, 9 ruas di antaranya sudah beroperasi, yaitu Ruas Kanci-Pejagan, Ruas Pejagan-Pemalang, Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2 hingga 6. Lalu, Ruas Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Ruas Ngawi-Kertosono seksi 1 sampai 3, dan beberapa ruas lainnya.

Sebelumnya, Waskita Karya telah menargetkan dapat mengantongi nilai kontrak baru sebesar Rp55 triliun pada 2019. Dengan target tersebut, total kontrak yang akan dikelola Waskita pada tahun 2019 akan mencapai Rp120 triliun.

Waskita menargetkan pendapatan usaha sebesar Rp54 triliun pada tahun 2019 ini. Dengan begitu,  laba bersih perusahaan berkode emiten WSKT pada tahun ini diharapkan dapat mencapai Rp4 triliun.

(Baca: Tantangan Krusial Pembentukan Holding BUMN Infrastruktur)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement