Jokowi Cerita Perjuangan Ibunya Bantu Ekonomi Keluarga

Dimas Jarot Bayu
6 Maret 2019, 13:39
Jokowi Iriana
Biro Pers Setpres | Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana, di Istana Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Jokowi mengatakan perjuangan seorang perempuan sangat penting, terutama dalam menopang ekonomi keluarga.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai perjuangan seorang perempuan sangat penting, terutama dalam menopang ekonomi keluarga. Ia mengemukakan hal itu bercermin pada pengalaman ibunya, Sudjiatmi.

"Saya sangat percaya peran sentral perempuan dalam mendidik anak dan menopang ekonomi keluarga," kata Jokowi ketika bersilaturahmi dengan Perempuan Arus Bawah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/3).

Awalnya, ia bercerita tentang masa kecilnya yang lahir di bantaran kali. Orang tuanya mencari nafkah dengan berjualan bambu dan kayu.

Pada medio 1970, Jokowi merasakan rumah keluarganya digusur tanpa ganti rugi. "Sehingga (kami) bingung cari rumah," ujarnya.

Keluarga Jokowi sempat berpindah-pindah mengontrak rumah sebanyak empat kali. Ketika itulah ia merasakan betapa perjuangan seorang ibu dalam mengayomi dan mendidik anak-anaknya sangat berat.

(Baca: Jokowi Pamer Keakraban dan Aktivitas Keluarga Bersama Wartawan)

(Baca: Survei: Jokowi Unggul di Muslim Moderat, Prabowo di Konservartif)

Ibunya juga berjuang memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. "Saya merasakan betul terutama dari sisi ekonomi," kata Jokowi.

Atas dasar pengalaman tersebut, Jokowi menyebut pemerintah saat ini memiliki berbagai program yang dapat membantu pekerjaan para ibu dalam membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Beberapa program tersebut, misalnya Kredit Ultra Mikro atau UMi yang sudah diberikan kepada lebih dari 1 juta nasabah.

Pemerintah pun menginisiasi program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Jokowi mengatakan, sudah ada 4,2 juta masyarakat yang menjadi peserta program Mekaar.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...