Pertamina Siapkan Pengeboran Tiga Sumur Migas di Blok Nunukan

Image title
7 Maret 2019, 11:15
Asing Dibatasi dalam Jasa Pengeboran Migas.jpg
KATADATA/
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai
 

PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) akan melakukan proses pengeboran tiga sumur di Blok Nunukan, Kalimantan Utara. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan tambahan sumber daya migas yang potensial. 

Direktur Pertamina Hulu Energi, Meidawati mengatakan saat ini perusahaannya sedang mempersiapkan tahapan pengeboran tiga sumur tersebut. "Masih dalam persiapan, pemboran well intervention," ujar Meidawati saat dihubungi Katadata.co.id Rabu, (6/4).

Advertisement

Pengeboran sumur tersebut merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan PHE setelah mendapatkan persetujuan rencana pengembangan lapangan pertama atau Plan of Development (POD) 1 blok Nunukan pada 2015 lalu. PHE menargetkan pengeboran tiga sumur akan selesai tahun ini. Harapanya, setiap sumur yang dibor dapat memperoleh temuan potensi migas 19 juta barel setara minyak (MMBOE).

Beberapa hari lalu, Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mengungkapkan apresiasi atas keberhasilan Pertamina menemukan sumur migas Parang-1 di Blok Nunukan, yang memiliki potensi cadangan sebesar 1.430 MMBOE. Potensi cadangan migas yang besar ini menjadikan Blok Nunukan sebagai salah satu dari 10 penemuan migas terbesar di dunia.

Pengembagan Blok Nunukan akan menjadi sejarah baru di Indonesia. Mengingat pengembangan blok ini merupakan proyek minyak dan gas (migas) lepas pantai atau offshore pertama di daerah perbatasan. Posisinya terletak di perbatasan Malaysia dengan Indonesia dan peran Pertamina sangat penting untuk kedaulatan Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement