Kementerian ESDM Terbitkan Rekomendasi Ekspor Freeport dan Amman

Michael Reily
10 Maret 2019, 18:59
Freeport
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Area pengolahan mineral PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan rekomendasi atas pengajuan ekspor konsentrat tembaga untuk PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Rekomendasi volume ekspor tersebut akan menjadi acuan Kementerian Perdagangan dalam memberikan surat persetujuan ekspor (SPE).

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral, Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, Yunus Saefulhak, menyatakan rekomendasi telah melalui evaluasi. "Kami sudah keluarkan kemarin, hari Jumat," kata Yunus dalam pesan singkat kepada Katadata.co.id, Minggu (10/3)

Yunus menyebutkan, Freeport mendapatkan rekomendasi ekspor konsentrat tembaga sebesar 198.282 wet ton. Kemudian, Amman mendapatkan persetujuan sebanyak 336.100 wet ton. Selain itu, Kementerian ESDM sudah menerbitkan rekomendasi ekspor nikel 2.716.948 wet ton kepada PT Antam Tbk.

Dia menjelaskan proses evaluasi rekomendasi ekspor tidak memakan waktu yang lama. Namun, persyaratan dokumen untuk persetujuan dari perusahaan yang mengajukan ekspor cukup terkendala. "Contohnya verifikasi progres kemajuan smelter dari verifikator independen," ujar Yunus.

(Baca: Tahun Ini, Amman Ajukan Kuota Ekspor Konsentrat Lebih Rendah)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...