Laba Bersih Anjlok, Anak Usaha Garuda Indonesia Bagi Dividen 20%

Image title
11 Maret 2019, 21:52
PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI)
Dokumentasi GMFI
PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI)

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMFI), membagikan dividen total sebesar US$ 6,11 juta kepada investor atau 20% dari laba bersihnya. Anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. tersebut tetap membagikan dividen meskipun laba bersihnya anjlok.

Tahun lalu, laba bersih GMFI tercatat sebesar US$ 30,54 juta, merosot 40,05% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 50,95 juta. Hal ini seiring kenaikan beban usaha dan adanya tambahan beban lainnya. Penurunan laba bersih tersebut melanjutkan kondisi pada tahun sebelumnya yang turun 13,3%.  

Direktur Utama Garuda Maintenance Facility Iwan Joeniarto mengatakan, pembagian dividen ini merupakan pemenuhan hak dari perusahaan kepada pemegang saham. Ini sekaligus membuktikan bahwa GMFI merupakan tempat yang menjanjikan untuk berinvestasi.

"Upaya demi upaya terus kami jalankan untuk membawa keuntungan bagi perusahaan yang nantinya pasti dikembalikan kepada pemegang saham," kata Iwan melalui keterangan tertulis, Senin (11/3).

(Baca: Meski Merugi, Garuda Bantah Pernyataan Prabowo Soal Bangkrut)

Secara rinci, perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat tersebut membukukan pendapatan operasional sebesar US$ 470 Juta pada tahun lalu, atau naik 7% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 439,3 juta. Namun, pendapatan tersebut tergerus oleh kenaikan beban. Maka itu, laba bersih GMFI turun drastis.

Beban usaha perusahaan mencapai US$ 421 juta, atau naik 12,8% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 421 juta. Selain itu, perusahaan juga terbebani oleh beban lainnya sebesar US$ 7,36 juta, berbalik dari tahun sebelumnya yang tercatat positif dengan pendapatan lainnya sebesar US$ 1,52 juta.

Keputusan pembagian dividen tersebut telah disepakati oleh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Senin ini di Garuda City Center Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...