Progres Pembangunan Smelter Freeport di Gresik Mendekati Target

Image title
11 Maret 2019, 20:15
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat progres pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) milik PT Freeport Indonesia telah mencapai 97% dari target yang ditetapkan selama enam bulan terakhir yaitu 4,01%.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak menjelaskan bahwa saat ini Freeport tengah mempersiapkan pemadatan tanah, sewa tanah, dan Amendemen Dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Adapun smelter Freeport akan dibangun di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Advertisement

"Pokoknya progres smelter Freeport itu sudah capai lebih dari 90% dari kurva S yang sudah ditargetkan," kata Yunus, di Jakarta, Senin (11/3).

Seiring perkembangan positif tersebut, Kementerian ESDM pun mengeluarkan rekomendasi ekspor konsentrat tembaga untuk Freeport sebesar 198.282 wet ton. Rekomendasi tersebut untuk memperoleh Surat Persetujuan Ekspor (SPE) dari Kementerian Perdagangan. SPE Freeport telah habis masa berlaku pada 15 Februari 2019.

(Baca: Amman Kantongi Izin Ekspor, Freeport Masih Terganjal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement