Antam Buka Peluang Caplok 26% Saham Nusa Halmahera Minerals

Image title
12 Maret 2019, 01:00
Emas Antam
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi emas Antam. PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) berencana mengakuisisi 26% saham perusahaan tambang emas asal Australia Newcrest Mining Limited (Newcrest) di PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) membuka peluang untuk mengakuisisi 26% saham milik perusahaan tambang emas asal Australia Newcrest Mining Limited (Newcrest) di PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Saat ini, Antam memegang 25% saham NHM, sementara Newcrest memiliki 75% saham NHM.

"Antam sebagai pemegang saham di NHM 25% tentu memiiki keistimewaan. Saat ini dapat kami sampaikan exercise tengah berlangsung," kata Direktur Keuangan Antam Dimas Wikan Pramudhito ketika melakukan paparan kinerja 2018 di Jakarta, Senin (11/3).

Advertisement

Dia menambahkan, saat ini mereka memiliki hak untuk memperoleh penawaran terlebih dahulu atas saham yang dijual alias right of first refusal. Saat ini mereka tengah mengevaluasi terhadap aset ini. Jika evaluasi menurut pihaknya akan baik untuk Antam, tentu Antam bisa saja mengeksekusinya. "Tentu, Antam punya hak untuk meng-exercise right tadi," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa Newcrest tengah menawarkan 26% sahamnya tersebut. Upaya divestasi saham oleh Newcrest adalah untuk memenuhi kesepakatan dalam amandemen kontrak NHM pada 2018 lalu. NHM mengoperasikan area pertambangan Gosowong, yang terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara.

(Baca: Antam Ditawari 26% Saham Nusa Halmahera Minerals oleh Newcrest)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement