Kasus Novel Tak Kunjung Terungkap, Jokowi Didesak Bentuk TGPF

Dimas Jarot Bayu
12 Maret 2019, 19:42
ungkap kasus Novel Baswedan, Jokowi didesak bentuk TGPF
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi meragukan kinerja tim gabungan yang dibentuk Kepolisian dalam mengusut kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Mereka mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) pengungkapan kasus penyiraman air keras terhadap Novel. 

Hingga kini, koalisi menilai belum ada hasil yang diungkapkan tim gabungan kepolisian sejak dibentuk dua bulan lalu pada 8 Januari 2019. Mereka menilai penyelesaian kasus Novel Baswedan terlalu berlarut sejak peristiwa terjadi pada 11 April 2017 atau 700 hari berlalu.

"Kami tidak berharap banyak terhadap tim gabungan yang dibentuk Kepolisian," kata kuasa hukum Novel, Alghiffari Aqsa di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/3).

(Baca: Amir Syamsuddin: Kasus Novel Akan Turunkan Elektabilitas Jokowi)

Alghiffari menilai belum berhasilnya tim gabungan mengungkap kasus Novel karena tidak independen. Alasannya, penyidik Kepolisian dalam tim gabungan saat inj sama komposisinya dengan yang menyelidiki kasus Novel sebelumnya.

Alghiffari mengatakan, Komnas HAM sebelumnya menyimpulkan para penyidik Kepolisian itu diduga menyalahgunakan proses (abuse of process) penyelidikan kasus Novel. Hal tersebut yang membuat kasus Novel menjadi terhambat.

"Sudah seharusnya mereka diberikan sanksi karena melakukan abuse of process, tapi kenyataannya tidak ada. Justru penyidik-penyidik itu dimasukkan dalam tim gabungan," kata Alghiffari.

Dorong TGPF Independen untuk Ungkap Kasus Novel

Alghiffari juga mempertanyakan para ahli dan pakar yang tergabung dalam tim gabungan tersebut. Sebab, mereka belum mewakili orang-orang yang dianggap punya keinginan tegas mendorong pengungkapan kasus Novel.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...