Bertemu Menlu Thailand, Jokowi Bahas Penurunan Harga Karet

Michael Reily
13 Maret 2019, 19:42
Presiden Jokowi bertemu Menlu Thailand Don Pramudwinai
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi didampingi Menlu dan Mensesneg menerima Menlu Thailand Don Pramudwinai, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/3)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Istana Merdeka. Ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya isu harga karet yang menunjukkan tren penurunan dalam waktu dua tahun terakhir.

Thailand, Indonesia, dan Malaysia merupakan produsen karet terbesar di dunia. Dengan semakin menurunnya harga karet dunia, Presiden Jokowi menyampaikan tidak ada pilihan lain bagi ketiga negara ini untuk memperkuat kerja sama demi menghentikan laju penurunan harga.

"Kalau digabung menjadi satu (Indonesia, Malaysia, dan Thailand), akan menjadi produsen karet yang paling besar dunia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (13/3). Retno dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

(Baca: Jokowi : Harga Karet Mulai Membaik)

Retno menjelaskan dalam pertemuan tersebut, Don Pramudwinai menyampaikan komitmen negaranya untuk mencegah harga karet dunia semakin anjlok. Apalagi, hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand sudah berlangsung lama, bakal berusia 70 tahun pada depan.

Sebelumnya, Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah sepakat membatasi ekspor 200 ribu ton hingga 300 ribu ton karet melalui Agreed Export Tonnage Scheme (AETS). Kebijakan itu diputuskan berdasarkan Pertemuan Menteri International Triparte Rubber Council (ITRC) sebagai cara untuk mengerek harga karet di pasar dunia.

Pertemuan di Bangkok, Thailand, pada 22 Februari 2019 ini dipimpin oleh Menteri Pertanian dan Kerja Sama Thailand Grisada Boonrach. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hadir mewakili Indonesia serta Menteri Industri Primer Malaysia Teresa Kok ikut serta sebagai delegasi Malaysia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...