Kemendag Bakal Perluas Ekspor Olahan Kayu Sengon ke Vietnam

Image title
13 Maret 2019, 17:30
Meubel Kayu
Antara Foto/Syifa Yulinnas
Seorang pekerja sedang menyelesaikan pembuatan meubel berbahan baku kayu di salah satu industri meubel di Aceh Timur. Ekspor meubel saat ini cukup menjadi andalan pemerintah.

Pemerintah akan memaksimalkan produk olahan kayu sengon dan jabon sebagai komoditas ekspor utama kayu ringan. Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan akan menggenjot ekspor komoditas tersebut, salah satunya ke negara tetangga, Vietnam.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda mengatakan produk olahan kayu ringan ini cukup potensial untuk diekspor. “Kami berkomitmen memfasilitasi para pelaku usaha kayu ringan agar dapat memperluas pasar ekspornya, khususnya ke Vietnam,” kata Arlinda seperti dalam keterangan tertulisnya, di Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (13/2).

Advertisement

Menurutnya, kebutuhan Vietnam akan kayu ringan sebagai bahan baku industri furnitur terus meningkat. Namun, pasarnya di negara tersebut belum relatif besar. Makanya, pemerintah terus mengupayakan potensi pasar di Vietnam dan beberapa negara lain diperluas.

(Baca: Menko Darmin Beberkan Strategi Pemerintah Gairahkan Ekspor)

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Ho Chi Minh City Hanif Salim mengatakan pelaku usaha industri olahan kayu ringan, Indonesia Light Wood Association (ILWA) optimistis dapat merebut pangsa ekspor dari China ke Vietnam. Hal itu sekaligus mengembalikan kejayaan industri kayu Indonesia yang menurun beberapa tahun belakang ini. “Kami akan terus mengawal peningkatan ekspor produk kayu ringan Indonesia ke Vietnam,” kata Hanif.

Sementara, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menambahkan selama ini nilai tambah produk kayu ringan asal Indonesia masih didominasi Tiongkok. Hanya sedikit kayu-kayu tersebut yang diolah di Indonesia.

Produk olahan kayu ringan setengah jadi dari Indonesia di ekspor ke Tiongkok. Setelah diolah bentuk jadi, Tiongkok mengekspor kembali produk kayu ringan ini ke negara lain, seperti Amerika Serikat (AS) dan negara-negara di kawasan Eropa, termasuk ke Vietnam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement