Pertamina Kerja Sama Strategis dengan Inalum, Angkasa Pura, dan Garuda

Image title
14 Maret 2019, 19:59
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, yaitu Inalum, Angkasa Pura, dan Garuda Indonesia. Kerja sama tersebut merupakan bentuk sinergi untuk saling mendukung bisnis masing-masing.

Perjanjian kerja sama yang pertama yaitu antara Pertamina dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam holding tambang yaitu PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), PT Bukit Asam, PT Aneka Tambang (Antam), dan PT Timah.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, melalui kerja sama ini, pihaknya akan memberikan layanan terbaik dalam memasok bahan bakar minyak (BBM) untuk perusahaan-perusahaan tersebut.

Perjanjian kerja sama ini berlaku selama lima tahun untuk jenis Biosolar dan Marine Fuel Oil 180 (MFO 180) sebanyak 25.000 kiloliter (KL) per bulan dan akan meningkat menjadi 40.000 KL per bulan. “Kami berterima kasih atas kepercayaan para perusahaan, ini sekaligus menjadi bukti nyata sinergi BUMN,” kata dia, seperti dikutip dari siaran pers Pertamina, Kamis (14/3).

(Baca: Tingkatkan Produksi, Pertamina EP Genjot Program EOR di 9 Lokasi)

Direktur Layanan Strategis Inalum Ogi Prastomiyono mengatakan, dengan kerja sama ini, maka perseroan dapat melakukan efisiensi sekaligus mendapat jaminan pasokan BBM sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dengan harga BBM yang kompetitif. Adapun industri pertambangan merupakan salah satu pengguna terbesar BBM.

Perjanjian kerja sama yang kedua yaitu antara Pertamina dengan Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Kerja sama ini dalam hal penjajakan peluang baru, seperti optimalisasi pengelolaan aset Angkasa Pura untuk pengembangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau bisa mencakup bidang-bidang usaha lain yang diusahakan masing-masing perusahaan.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...