47 Ribu Lampu Tenaga Surya Hemat Energi Terangi Puncak Jaya dan Paniai

Image title
15 Maret 2019, 21:05
Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terangi honai di Papua.
Dokumentasi Kementerian ESDM
Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terangi honai di Papua.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 47 ribu unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke dua kabupaten terpencil di Papua. Dua kabupaten tersebut yaitu Puncak Jaya sebanyak 42.111 unit dan Kabupaten Paniai sebanyak 5.305 unit.

Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley mengatakan penerangan dari lampu tenaga surya tersebut membantu aktivitas warganya. Rata-rata warga Puncak Jaya bermukim di lembah-lembah dan lereng-lereng yang sangat terjal dengan curah hujan yang tinggi. Sebelum adanya lampu tenaga surya, penerangan sulit diperoleh.

"Dahulu penerangan di dalam rumah hanya menggunakan lilin atau lampu pelita, rumah-rumah dan honai-honai gelap gulita," kata dia saat menyambut tim Kementerian ESDM yang membagikan LTSHE kepada warganya, Jumat (15/3). Dengan kehadiran LTSHE, anak-anak bisa belajar dan mamak bisa memasak di malam hari.

(Baca: Terangi Daerah Terpencil, Ribuan Lampu Tenaga Surya Disiapkan di 2019)

Direktur Jenderal EBTKE Sutijastoto yang juga hadir saat pembagian LTSHE menyatakan pihaknya serius dalam memberikan akses energi bagi masyarakat Papua. Ia pun memastikan pihaknya tidak hanya mebagi-bagikan LTSHE, tapi juga merencanakan infrastruktur jangka panjang untuk daerah yang belum teraliri listrik.

“Awalnya LTSHE, ke depan dengan listrik yang berkesinambungan bahkan bisa mendorong ekonomi dan menaikkan eletrifikasi menjadi sangat baik," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...