Antam Targetkan Smelter Nikel di Halmahera Rampung 2020

Image title
15 Maret 2019, 13:03
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menargetkan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) Nickel Pig Iron (NPI) Blast Furnance di Halmahera Timur, Maluku Utara segera dibangun tahun ini. Dengan demikian, proyek senilai US$ 320 atau Rp 4,8 triliun itu diharapkan dapat beroperasi  pada kuartal IV 2020.

Sekretaris Perusahaan Antam Apriliandi H Setia mengatakan untuk peletakan batu pertama smelter NPI akan dilaksanakan pada tahun ini. Dalam pembangunannya Antam menggandeng Ocean Energy Nickel International Pte. Ltd (OENI).

(Baca: Antam Buka Peluang Caplok 26% Saham Nusa Halmahera Minerals)

OENI akan memastikan pendanaan dan penyelesaian konstruksi tepat waktu. Total kapasitas produksi setelah smelter ini terbangun yaitu 320 ribu ton NPI atau setara dengan 30.000 ton nikel dalam NPI (TNi). 

Kerja sama dengan OENI sebelumnya tertuang dalam pokok perjanjian (Head of Agreement/HoA) yang diteken dalan Indonesia Investing Forum 2018, IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Nusa Dua, Bali 11 Oktober 2018.

"Antam menargetkan ground breaking proyek ini bisa dilakukan di 2019," kata dia, di kepada Katadata.co.id, Jumat (15/3).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...