Salmon Mentai By Anind, Kuliner Eksperimen Berbuah Omzet Ratusan Juta

Michael Reily
15 Maret 2019, 05:00
bisnis kuliner
ByAnind / Instagram
Sajian menu baru byAnind, Salmon Kani Mentai.

Berani berinovasi jadi salah satu kunci sukses Fitria Anindita Putri - pemilik By Anind - dalam mengembangkan bisnis kulinernya. Berawal dari sajian coba-coba, salmon mentai dan shirataki kini menjadi produk yang menghasilkan cuan.

Perempuan jebolan Universitas Pelita Harapan ini kerap kali menggunakan salmon sebagai resep utama masakannya. "Sisa salmon saya coba gabungkan dengan shirataki untuk sarapan. Suami bilang enak sehingga saya coba jual, ternyata laku," katanya di Jakarta, Kamis (14/3).

(Baca: Bisnis Kopi ala Warunk Upnormal)

Itu pengalamannya dua tahun lalu. Anind yang sempat berprofesi sebagai koki hotel di Bali dan pengajar kuliner di Jakarta, kemudian memutuskan berhenti bekerja dan mulai menekuni bisnis kuliner salmon mentai.

Bermula dari usaha rumahan di kawasan Duren Tiga, Anind mencoba memperluas pasarnya melalui media sosial. Kemudian, usahanya berkembang pesat setelah bergabung dengan layanan pesan antar makanan Go-Food dari Gojek.

Ia bahkan sempat kewalahan. "Hari pertama pesanan membludak sampai saya harus telepon call center Go-Food untuk menghentikan pesanan," ujarnya.

Dia mengaku pemesanan melalui sistem digital memudahkannya membuat laporan penjualan. Apalagi, Go-Food juga telah menyediakan fitur Go-Biz dan Go-Resto untuk membantu para pelaku usaha mengatur layanan usaha dalam aplikasi. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...