Jelang Pilpres, Kepala Daerah Didorong Bantu Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Dimas Jarot Bayu
18 Maret 2019, 01:00
Jokowi dan Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Tim TKN memberdayakan para kepala daerah untuk memenangkan di beberapa daerah.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin bakal mengerahkan para kepala daerah dan pimpinan parlemen daerah untuk membantu pemenangan pasangan calon nomor urut 01 di berbagai daerah. Alasannya, sebulan jelang Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf masih kalah di beberapa daerah dari pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) per 24 Februari-5 Maret 2019, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 57,6 %. Sementara, elektabilitas Prabowo-Sandiaga sebesar 31,8 %. Namun pemenangan Jokowi-Maruf tidak merata di berbagai daerah. 

Keterlibatan kepala daerah mendukung Jokowi-Maruf selama mereka cuti dari jabatannya. "Memang kan kepala kepala daerah boleh berkampanye dengan cuti," kata Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (17/3).

(Baca: Survei SMRC Jelang Debat: Elektabilitas Jokowi 57,6%, Prabowo 31,8%)

Menurut Erick, TKN ingin memenangkan Jokowi-Ma'ruf secara maksimal. Karena itu, upaya pemenangan tidak bisa hanya dilakukan oleh Jokowi-Ma'ruf beserta timses.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...