Pemerintah Lirik Potensi Ekspor Busana Muslim ke Kanada

Michael Reily
18 Maret 2019, 14:26
Mode memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Model tengah memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bisa menjadi kiblat busana muslim dunia pada 2020.

Pemerintah melirik potensi ekspor pakaian jadi - terutama busana muslim - ke Kanada. Potensi ini dinilai cukup besar seiring dengan banyak komunitas imigran muslim yang berasal dari Bangladesh, Pakistan, Timur Tengah, dan Libanon.

Namun demikian, tren busana muslim yang diminati di Kanada kebanyakan masih berupa pakaian dengan desain yang lebih sederhana, seperti berwarna hitam. Konsumen Kanada masih menganggap desain pakaian muslim Indonesia terlalu banyak model dan mewah. 

(Baca: Tumbuh 8,7%, Busana Muslim Jadi Andalan Ekspor Tekstil Indonesia)

Guna meningkatkan  pemahaman tentang akses pasar Kanada, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN)  yang bekerjasama dengan Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project Kanada menyelenggarakan lokakarya kepada lebih dari 100 pelaku usaha tekstil Jabodetabek.

"Diharapkan pelaku usaha dapat mengetahui potensi pasar Kanada dengan menjalin kemitraan pembeli di wilayah Amerika Utara, dan strategi pemasaran produk di sana," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda dalam keterangan resmi, dikutip Senin (18/3). 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...