Menteri Jonan Minta Pemda Bantu Sambungan Listrik Masyarakat Tak Mampu

Image title
19 Maret 2019, 01:00
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta pemerintah daerah (Pemda) agar menyisihkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membiayai sambungan listrik masyarakat yang kurang mampu. Menurutnya, masih ada sekitar 1,2 juta rumah tangga yang tak mampu membayar biaya sambungan listrik baru.

"Tolong Kepala Dinas ESDM, berita tahu guberurnya, juga bupati atau walikota, kalau ada disisihkan dari APBD untuk mendukung biaya sambung listrik," kata Jonan ketika memberikan sambutan dalam acara Diseminasi RUPTL PLN 2019-2028 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (18/3).

Dia mengatakan pemerintah telah berupaya untuk membantu sambungan listrik baru tersebut. Seperti PLN yang sudah menurunkan biaya sambung listrik untuk pelanggan 450 VA menjadi hanya Rp 500 ribu. Namun, nyatanya masih banyak masyarakat yang tidak mampu untuk menyisihkan dana untuk membiayai pemasangan listrik sebesar Rp 500 ribu per rumah tangga.

Tidak hanya itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya pun sudah banyak melakukan  program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk membantu sambungan listrik secara gratis. Bahkan, Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) juga sudah menyediakan Rp 6 triliun tahun ini untuk sambungan listrik.

(Baca: Masih Ada 1 Juta Lebih Rumah Tangga yang Belum Teraliri Listrik)

Upaya pemerintah dalam membantu pemasangan listrik tersebut merupakan salah satu cara untuk mengejar rasio elektrifikasi tahun ini sebesar 99,9%. Tahun lalu, rasio elektrifikasi rumah tangga sudah mencapai 98,3%. Jonan memuji kinerja semua pihak terkait raihan tahun lalu tersebut karena dalam 4 tahun terakhir, rasio elektrifikasi meningkat hingga 14%.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...