BI Tahan Suku Bunga di 6%

Image title
21 Maret 2019, 14:52
Bank Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan mempertahankan suku bunga acuan, 7-Day Repo Rate di level 6%, Kamis (21/3).

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan mempertahankan suku bunga acuan, 7-Day Repo Rate, di level 6%.

“Keputusan tersebut konsisten dengan upaya menstabilkan perekonominan dan mengendalikan defisit transaksi berjalan, serta mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Kamis (20/3).

Dari grafik Databoks, angka suku bunga yang kerap disebut BI Rate tersebut tak berubah sejak November lalu.

Keputusan BI sejalan dengan prediksi para ekonom sebelumnya kepada Katadata.co.id. Ekonom Bank BCA David Sumuan menilai saat ini masih ada kekhawatiran dengan defisit transaksi berjalan pada neraca perdagangan dalam negeri.

Pada Januari lalu, defisitnya mencapai US$ 1,16 juta, meski bulan berikutnya membaik dengan surplus US$ 330 juta seiring kinerja impor yang turun tajam. “Belakangan harga minyak mulai naik lagi,” katanya.

Harga minyak mentah brent di London ICE Futures Exchange untuk pengiriman Mei naik US$ 0,38 menjadi US$ 67,54 per barel. Sementara, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange untuk pengiriman April naik US$ 0,57 menjadi US$ 59,09 per barel.

(Baca: Rupiah Menguat Usai The Fed Pertahankan Suku Bunga)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...