Cegah Golput, Pengusaha Pendukung Jokowi Gelar Pesta Diskon

Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2019, 18:17
No image
Sejumlah warga mengikuti simulasi pemilu yang digelar KPU di SDN 02 Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat (3/2). Simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat yang masih kebingungan dengan mekanisme pencoblosan.

Pelaku usaha yang tergabung dalam Pengusaha Pekerja Jokowi (Kerjo) mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2019. Organisasi relawan pendukung pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini akan menggelar program diskon untuk masyarakat yang memilih pada 17 April.

Program tersebut bertajuk "Kling King Fun".  Melalui program ini, pemilih bisa mendapatkan berbagai diskon, voucher, dan promo dari berbagai gerai retail di pusat perbelanjaan hanya dengan menunjukkan tinta di jari kelingkingnya di hari pencoblosan. "Dengan tanda ini, Anda bisa datang ke mal-mal untuk dapat special discount," kata Sekretaris Kerjo Shinta Kamdani di Istora, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3).

Advertisement

(Baca: 10 Ribu Pengusaha Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Maruf)

Menurut dia, sudah ada lebih dari 100 peretail yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beberapa jenama besar di antaranya MAP, SOGO, dan Wacoal. Diskon yang ditawarkan para peretail dapat mencapai 50 %.

Program ini akan berpusat di Jakarta. Namun, Kling King Fun tengah diupayakan bisa digelar di berbagai wilayah lainnya di Indonesia. Para pengusaha akan bekerja sama dengan jaringan 107 radio se-Indonesia untuk mempromosikannya. "Saya rasa semua terbuka karena merasa ini perayaan demokrasi bersama sebagai warga negara," ujarnya.

(Baca: Berlabuhnya Politikus Golkar Erwin Aksa ke Prabowo-Sandi)

Shinta memastikan program ini bersifat netral. Tujuannya semata mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019. Atas dasar itu, Kling King Fun tak hanya terbuka bagi pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Pendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang telah mencoblos pun dapat mengikutinya. "Jadi Kerjo tidak hanya mendorong dari segi kampanye 01, juga menyeluruh untuk memberi pembelajaran kita semua," kata Shinta.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement