Iwan Fals Gelar Konser Tunggal, Harga Tiket Mulai Rp 150 Ribu

Michael Reily
22 Maret 2019, 15:35
Iwan Fals
iwanfals.co.id
Iwan Fals dalam konferensi pers, 16 Maret 2019 lalu

Iwan Fals bakal menggelar konser tunggal bertajuk Aku Cinta pada 30 Maret 2019 mendatang. Indentik dengan lagu-lagu bertema sosial, Iwan ingin membawa penonton konsernya menyongsong Pemilu 2019 dengan suka cita.

Musisi yang telah eksis sejak 1975 ini akan membawakan 22 lagu dalam durasi dua jam. "Saya bersemangat banget, penting dan genting untuk menjelaskan," katanya dalam laman resmi Iwan Fals, dikutip Jumat (22/3).

Dia juga akan membawakan lagu kolaborasi bersama grup musik asal Bali - Superman Is Dead. Harga tiket konser yang berlangsung di Ecopark Ancol, Jakarta Utara bervariasi antara Rp 150 ribu hingga Rp 750 ribu.

Menurutnya, konser Aku Cinta bakal menjadi solusi untuk perdamaian. Apalagi, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bakal berlangsung pada 17 April 2019.

(Baca: Menanti Nasib RUU Permusikan yang Kontroversial di Hari Musik Nasional)

Iwan Fals merupakan salah satu musisi yang menolak keras Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan. Sehingga, dia meminta masyarakat bersama para musisi lain untuk mengawal RUU Permusikan supaya memberikan peran kepada kemajuan musik nasional.

Dia menyebutkan adanya pasal-pasal yang mengatur ruang ekspresi musisi, bahkan cenderung menghambat. Apalagi, Iwan Fals sudah menelurkan 39 album serta 380 album yang kebanyakan mengkritik pemerintah. "Apakah musisi dilarang protes? Lantas, musisi berekspresi tanpa suara mengambil jalan instrumental?" tulisnya.

Iwan Fals juga memberikan 3 sikap terhadap RUU Permusikan. Pertama, mempertanyakan Pasal 5, Pasal 18, Pasal 19, Pasal 32, Pasal 42, dan Pasal 50. Kedua, menolak hambatan kebebasan berekspresi. Terakhir, menyetujui pelestarian musik tradisional melalui proses pembelajaran dan pertunjukan.

(Baca: Jawa Barat Batasi Pemutaran Lagu Agnes Monica hingga Ed Sheran)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...