MRT Jakarta Diresmikan Jokowi, Waktu Operasi & Rangkaian akan Ditambah

Penulis: Rizka Gusti Anggraini

Editor: Ekarina

24/3/2019, 16.54 WIB

MRT fase pertama hari ini akan beroperasi dengan delapan rangkaian kereta di 13 stasiun.

Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3). Pada operasi hari ini, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi beroperasi pada Hari Minggu, 24 Maret 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan moda transportasi publik Mass Rapid Transit (MRT) fase pertama hari ini akan beroperasi dengan delapan rangkaian kereta di 13 stasiun. Adapun moda transportasi ini akan beroperasi mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB selama Maret dan April.

Namun, secara bertahap jumlah rangkaian ditingkatkan menjadi 16 buah yang juga disertai dengan penambahan jam operasional mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.

Anies mengatakan pada awal beroperasi,  jumlah penumpang MRT diperkirakan mencapai 65 ribu orang per hari. Namun secara bertahap, jumlahnya diprediksi akan meningkat menjadi 130 ribu penumpang per hari.

"Kami juga sudah siapkan 71 masinis, serta 350 tenaga kerja operasional dan pemeliharaan,” kata Anies Baswedan, Jakarta, Minggu (24/3).

(Baca: Resmikan MRT Jakarta Fase I, Jokowi: Ini Budaya Baru Transportasi RI)

Anies mengatakan, moda transportasi publik ini akan didorong untuk menjadi bagian dari Jak Lingko yaitu transformasi dari OK-Trip yang merupakan sistem integrasi transportasi Ibukota. Di antaranya, integrasi rute, manajemen, dan pembayaran. Dimulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar, dari first mile hingga last mile.

Adapun MRT Jakarta fase pertama ini telah terintegrasi dengan Trans Jakarta. Ke depan,  transportasi publik tersebut akan terus diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya seperti Light Rain Transit (LRT) dan Commuter Line. “Kita juga akan terus kawal pembangunan MRT fase II  dan fase-fase berikutnya,” kata Anies.

Sementara Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan antusiasme warga yang ingin mencoaba moda transportasi ini cukup besar.  Karenanya, sebanyak 80 ribu kuota  penumpang MRT dibuka untuk hari ini.

(Baca: Walikota Tangerang Selatan Tunggu Kajian MRT untuk Perpanjang Rute)

Dia pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin mencoba MRT Jakarta, sudah bisa langsung mendaftarkan diri melalui laman resmi www.jakartamrt.co.id. “Kita akan buka mulai dari 11 siang sampai 5 sore nanti,” katanya.

Dia menambahkan hingga saat ini sebanyak 253.553 tenaga kerja terlibat penuh dalam pembangunan MRT Jakarta fase pertama sejak groundbreaking hingga peresmian, ditambah dengan 546 orang karyawan internal PT MRT.

Ke depan, rute MRT akan diperluas melalui pembangunan jalur fase II yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia (HI) - Kota Tua dan pembangunan fase III yang menghubungkan rute timur ke barat atau melalui jalur Cikarang-Balaraja.

Reporter: Rizka Gusti Anggraini

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan