MRT Jakarta Diresmikan Jokowi, Waktu Operasi & Rangkaian akan Ditambah

Image title
24 Maret 2019, 16:54
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3). Pada operasi hari ini, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WI
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi beroperasi pada Hari Minggu, 24 Maret 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan moda transportasi publik Mass Rapid Transit (MRT) fase pertama hari ini akan beroperasi dengan delapan rangkaian kereta di 13 stasiun. Adapun moda transportasi ini akan beroperasi mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB selama Maret dan April.

Namun, secara bertahap jumlah rangkaian ditingkatkan menjadi 16 buah yang juga disertai dengan penambahan jam operasional mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.

Anies mengatakan pada awal beroperasi,  jumlah penumpang MRT diperkirakan mencapai 65 ribu orang per hari. Namun secara bertahap, jumlahnya diprediksi akan meningkat menjadi 130 ribu penumpang per hari.

"Kami juga sudah siapkan 71 masinis, serta 350 tenaga kerja operasional dan pemeliharaan,” kata Anies Baswedan, Jakarta, Minggu (24/3).

(Baca: Resmikan MRT Jakarta Fase I, Jokowi: Ini Budaya Baru Transportasi RI)

Anies mengatakan, moda transportasi publik ini akan didorong untuk menjadi bagian dari Jak Lingko yaitu transformasi dari OK-Trip yang merupakan sistem integrasi transportasi Ibukota. Di antaranya, integrasi rute, manajemen, dan pembayaran. Dimulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar, dari first mile hingga last mile.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...