Jelang Ramadan, Menteri Enggar Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar

Image title
26 Maret 2019, 16:52
Pasar Induk Beras Cipinang
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi pasar beras. Mendag beberapa hari lalu meninjau ketersediaan pasokan dan harga jual sejumlah komoditas pangan di Pasar Induk di Pidie, Aceh.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memantau pergerakan harga bahan pokok menjelang puasa dan Lebaran. Dia, misalnya, meninjau langsung ketersediaan pasokan dan harga barang pokok di pasar tradisional.

Salah satu tempat yang dituju Enggar yaitu Pasar Induk Kramat Dalam Kota Sigli di Kabupaten Pidie, Aceh. Pasar seluas 18.000 meter persegi ini ditempati sekitar 350 kios pedagang.

Advertisement

“Ini bagian dari arahan Presiden Jokowi untuk meninjau pasar, baik kondisi fisik maupun komoditas yang dijual. Juga untuk menjaga ketersediaan stok dan menghindari lonjakan harga," kata Enggar dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3).

(Baca: Jelang Ramadan, Kemendag Antisipasi Pergerakan Harga Bahan Pokok)

Berdasarkan pantauannya, perkembangan stok dan harga bahan pokok di pasar tersebut relatif stabil. Beras premium dijual Rp 11.000-12.000 per kilogram. Kemudian gula dijual seharga Rp12.000 kilogram dan  minyak goreng curah Rp 10.000 pe liter.

Kemudian komoditas telur ayam dijual Rp 17.000 per kilogram, cabe merah besar Rp 22.000, dan cabe rawit merah Rp23.000 per kilogram. Adapun bawang merah Rp 35.000 per kilogram, dan bawang putih Rp24.000.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement