Antisipasi Kenaikan Harga, Bulog Gelontorkan 3 Ribu Ton Beras per Hari

Image title
Oleh Ekarina
16 Maret 2019, 09:33
Beras Bulog
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang petugas melakukan peninjauan gudang beras di Perum Bulog diver DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Perum Bulog kembali menggelar operasi pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di seluruh Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan, khususnya beras di tingkat konsumen.

Saat ini, operasi pasar CBP telah berhasil menyalurkan 190 ribu ton beras medium dengan rata-rata penyaluran per hari mencapai 2 ribu - 3 ribu ton beras. Penyalurannya ditargetkan mencapai 15 ribu ton per hari, terutama ketika musim panceklik, saat harga beras biasanya tinggi.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan serentak oleh Bulog Divisi Regional seluruh Indonesia pada 3 Januari 2019 -- sesuai instruksi Presiden RI -- sebagai antisipasi kenaikan harga beras pada awal 2019. Adapun operasi pasar yang digelar selama 2018 dinilai mampu meredam gejolak harga beras dan efektif menekan inflasi.

(Baca: Kemendag Perbarui Ketentuan Wajib Label Kemasan Beras )

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh menyatakan, pihaknya menyadari bahwa keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah akan terjadi bila dilakukan secara bersama. Maka itu, pihaknya menggandeng berbagai pihak dalam operasi pasar.

"Dengan dukungan seluruh pihak, terutama dari Pemerintah Daerah (Pemda), dinas terkait dan para pelaku pasar,” kata dalam pernyataan persnya, yang dikutip katadata.co.id, Sabtu (16/3). 

Secara rinci, Bulog melibatkan Pemda melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan ataupun yang membidangi di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota; Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan maupun pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN, serta melalui distributor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...