10 Tahun Berkiprah, SMI Kembangkan Modal 18 Kali Lipat

Rizky Alika
28 Maret 2019, 14:07
PT Sarana Multi Infrastruktur
SMI

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kinerja PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang telah mampu mengembangkan modalnya sejak didirikan. Setelah 10 tahun berkiprah, SMI telah mengembangkan modal hingga 18 kali lipat.

Pada awal SMI didirikan, Kementerian Keuangan memberi modal sebesar Rp 1 triliun. "Dan mereka leverage lebih dari 18 kali sehingga bisa mengakselerasi pembangunan infrastruktur melalui alternatif financing," kata dia dalam konferensi pers Satu Dasawarsa Bakti untuk Negeri PT SMI di Jakarta, Kamis (28/3).

Saat ini SMI telah mendanai proyek senilai Rp 553,6 triliun. Namun, Sri mengatakan angka tersebut tidak cukup besar untuk membangun kebutuhan infrastruktur Indonesia. Dia berharap, SMI dapat membiayai proyek hingga Rp 5 ribu triliun.

(Baca: Sri Mulyani Dorong Skema Pembiayaan Kreatif Buat Infrastruktur)

Mengacu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, kebutuhan pendanaan infrastruktur mencapai Rp 5.500 triliun. Namun, pembiayaan yang bersumber dari APBN hanya sebesar Rp 2.215 triliun atau 40,14 persen dari kebutuhan pendanaan. Sementara, dana lainnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanjan (APBD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta.

Peran SMI sangat penting untuk mendanai proyek-proyek tersebut. Selama ini beragam proyek infrastruktur yang ditangani oleh SMI telah menyediakan penerangan bagi 3,2 juta rumah, air bersih untuk 8,1 juta jiwa dan mengairi 185 ribu hektar sawah, serta fasilitas kesehatan bagi 720 pasien baru per tahun. Semua proyek ini menciptakan lapangan kerja bagi 1,97 juta orang selama masa konstruksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...