Hingga Februari, Kredit Bank Melonjak 12,3%, DPK Cuma Tumbuh 6,6%

Rizky Alika
28 Maret 2019, 20:13
OJK
Arief Kamaludin|KATADATA

Kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan menunjukkan tren perbaikan pada Februari 2019 lalu. Deputi Komisioner Stabilitas Sistem Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yohanes Santoso Wibowo mengungkapkan pertumbuhan kredit perbankan tercatat tumbuh sebesar 12,3% dibandingkan tahun lalu untuk periode yang sama.

"Pada Januari lalu, pertumbuhan kredit hanya 11,9% secara tahunan. Ini artinya ada peningkatan. Confidence masyarakat untuk ekspansi artinya tetap baik," kata dia di kantornya, Jakarta, Kamis (28/3).

Menurut pengamatannya, meningkatnya laju pertumbuhan kredit Februari karena sejumlah bank menyusun promosi dengan memberikan kredit kendaraan bermotor. Strategi promosi ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kredit. Adapun, tahun ini penyaluran kredit ditargetkan tumbuh 12%.

Selain itu, kenaikan kontribusi dari kredit investasi dan kredit kendaraan bermotor menciptakan dampak yang baik. Sebab, hal tersebut akan menciptakan efek pengganda (multiplier effect) pada perekonomian, sehingga akan membuat perekonomian tumbuh.

(Baca: Ketidakpastian Global Menurun, Aliran Dana Asing Capai Rp 74,7 Triliun)

Membaiknya kinerja kredit juga tercermin dari risiko kredit perbankan yang terjaga pada level yang rendah. Hal tersebut tercermin dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross dan rasio kredit berisiko atau loan at risk pada level 2,59%. "Ini di bawah ambang batas 5%," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...